Halaman

Senin, 01 Oktober 2012

Kertas Minyak untuk Bungkus Jajan Anak


Bila kita lihat di kantin sekolah, banyak makanan yang dibungkus dengan plastik. Kita sudah mengedukasi anak-anak untuk tidak jajan sembarangan. Apalagi yang berbungkus plastik. Sebab bahan kimia yang terkandung di dalam plastik secara tak langsung bisa masuk ke tubuh. Akibatnya bisa menyebabkan kanker. Namun, namanya juga anak-anak gampang lupa. Bila sudah terlihat jajan itu enak pasti dibelinya tanpa menghiraukan sisi kesehatan.

Semakin banyaknya anak membeli jajan berbungkus plastik, semakin banyak pula sampah plastik yang dibuang. Dengan tidak terkendalinya sampah plastik bisa menyebabkan jumlah sampah plastik bertebaran di mana-mana. Akibatnya merusak lingkungan, menyebabkan drainase tersumbat sampai dengan mengeluarkan racun yang membahayakan kesehatan manusia dan mahluk hidup lainnya. Apakah kita ingin terus menumpuk sampah plastik? Padahal saat ini lagi gencar-gencarnya kampanye mengurangi sampah plastik.
Untuk itu sebaiknya kita mulai merekayasa bungkus makanan non plastik untuk pembungkus jajan anak-anak. Salah satu hal yang bisa kita lakukan yaitu dengan mulai beralih memakai kertas minyak sebagai alternatif pengganti plastik. Sebab kertas minyak juga bisa dipakai sebagai pembungkus. Bahkan untuk pembungkus yang berupa cairan juga bisa. Karakteristik kertas yang lentur dan adanya lapisan yang tak tembus air.
Apalagi jika kita lebih kreatif lagi dengan mendesain bungkus kertas minyak dengan berbagai bentuk sesuai kesukaan anak, misalnya bentuk binatang. Tentu ini akan lebih menarik perhatian anak-anak. Sehingga anak-anak akan lebih suka membeli yang berbungkus kertas. Dengan begitu, anak-anak secara tidak langsung akan mengikuti pola hidup sehat dengan menghindari bahaya yang ditimbulkan oleh plastik. Disisi lain, ini tentu akan mengurangi penggunaan plastik dan sampahnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar