Halaman

Jumat, 19 Oktober 2012

Cegah Illegal Loging

Kita tahu maraknya penebangan pohon secara liar atau yang biasa disebut illegal loging bisa memicu pemanasan bumi (Global Warming) meningkat. Meskipun sudah disediakan hukuman penjara bagi para pelaku illegal loging. Itu belum sepenuhnya jadi solusi terbaik menjaga kelestarian pohon. Mengingat dampak yang diakibatkan dan butuh waktu berpuluh-puluh tahun untuk mengembalikan pohon yang ditebang.

Untuk itu mencegah perilaku tak beradab pada pohon amatlah penting. Seperti gerakan yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Malang pada saat KKN di SDN Bumiayu 4 Malang. Aksi menempelkan kata-kata bijak pada batang pohon yang ada di halaman sekolah kami. Bunyi tulisan yang tertempel di pohon itu, “Rawatlah aku seperti kamu merawat dirimu sendiri”, “Aku ingin hidup seperti kamu”. Sehingga membuat pohon tersebut seakan bisa bicara dan sedang curhat pada manusia. Lewat tulisan tersebut bisa mereaksi kultur menanam, merawat, dan mencintai tumbuhan. Dari situlah, kita sadar tumbuhan sebagai makhluk Tuhan yang punya hak hidup. Pada tumbuhan juga melekat hak untuk tumbuh, hak untuk berkembang biak, hak untuk melestarikan diri. Maka patutlah kiranya kita bisa menjunjung tinggi hak tumbuhan. Bukan hanya hak antar sesama manusia saja.
Bagaimana jika kita dan pemerintah juga ikut-ikutan melabeli pohon dengan kata-kata bijak. Ini tidak lain sebagai upaya berperan aktif menyelamatkan dan melindungi pohon dari illegal logging. Selain itu, bisa dijadikan sebagai alat penanggulangan. Bila terpampang tulisan di pohon setidaknya bisa mengingatkan dan menyadarkan perilaku orang yang abai terhadap kelestarian alam. Mereka yang melakukan penebangan pohon secara liar, mereka yang sering merusak tanaman untuk dijadikan makanan hewan ternak tidak lagi berbuat seenaknya. Mau berpikir panjang sebelum bertindak dan lebih manusiawi memperlakukan tumbuhan.

1 komentar: